Hiking Gunung Prau - Melihat Keindahan Sunrise Terbaik se-Asia Tenggara dan Bukit Teletubbies - PrauHike

Hiking Gunung Prau

Private Trip Gunung Prau, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi dan memenuhi segala kebutuhan Pendakian Anda

Hiking merupakan suatu Aktivitas yang di lakukan di Alam terbuka. Aktivitas ini sudah tidak Asing lagi di telinga Orang Indonesia. Hiking biasa di lakukan dengan berjalan kaki menyusuri Pedesaan, Gunung maupun Hutan. Bagi Anda yang menyukai Aktivitas ini tentu sangat bermanfaat bagi Kesehatan, selain itu Anda juga bisa menyaksikan Pemandangan yang Indah dan juga menghirup udara segar. 

Biasanya Track untuk Hiking sudah sering di lalui oleh banyak Orang atau sudah di berikan tanda petunjuk arah untuk pejalan kaki supaya memudahkan saat di lalui. Pejalan hanya tinggal perlu berjalan mengikuti arah-arah yang telah di sediakan sehingga tidak perlu Khawatir tersesat. 

Durasi Waktu untuk Hiking juga lebih cepat di bandingkan dengan Trekking. Hiking biasanya hanya membutuhkan Waktu 3-8 Jam saja untuk berjalan. Namun berbeda dengan Trekking yang bisa membutuhkan waktu sampai berhari-hari untuk berjalan. Track yang di lalui juga masih cukup sulit karena tidak banyak di kunjungi oleh Pejalan kaki. 

Di Indonesia banyak sekali pilihan tempat yang cocok untuk melakukan Aktivitas Hiking, salah satunya adalah Gunung Prau. Gunung yang terletak di Kawasan dataran tinggi Dieng ini merupakan salah satu gunung yang masuk daftar Wajib pendakian di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Memiliki ketinggian 2.565 MDPL serta memiliki medan yang ringan sehingga cocok bagi Pemula. 
Meski memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi, namun Pemandangan yang di tawarkan di Gunung Prau tidak kalah dengan Gunung-gunung yang lain yang ada di sekitarnya. 

Namun jika Anda menginginkan kesan lebih informatif saat berkunjung ke Gunung Prau, Anda bisa menggunakan Jasa Guide Gunung Prau sebagai teman perjalanan yang menyenangkan. Guide juga akan menunjukan spot yang bagus untuk mengambil gambar dan bisa juga berperan sebagai Fotografer


Private Trip Gunung Prau, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi dan memenuhi segala kebutuhan Pendakian Anda

Private Trip Gunung Prau, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi dan memenuhi segala kebutuhan Pendakian Anda

Informasi Jalur Pendakian dan Estimasi Perjalanan

Basecamp-Pos 1

Perjalanan Pertama dari Basecamp menuju Pos satu adalah Anda akan melewati rumah-rumah Warga. Track di sini masih berupa jalanan Cor yang cukup landai. Setelah berjalanan beberapa saat Anda akan melewati Track menanjak yang berupa Tangga dari semen yang di Cat berwarna-warni yang membuat kesan lebih unik dan cocok sebagai spot untuk berfoto-foto.

Setelah melewati anak tangga Anda akan mulai di suguhkan Pemandangan ladang-ladang petani yang Luas. Sepanjang perjalanan Anda akan menjumpai Aktivitas sehari-hati para Petani yang sedang bercocok tanam seperti menanam Kentang, Mencangkul dan lain-lain.

Setelah melewati Track tangga Anda akan mulai melewati susunan jalanan dari batu yang cukup menanjak yang di kanan dan kirinya di hiasi oleh Pepohonan cemara. Sehingga sesekali Anda perlu untuk berhenti untuk beristirahat untuk memulihkan tenaga.
Namun jika ingin lebih menghemat tenaga dan mempersingkat waktu perjalanan, Anda bisa menaiki Jasa ojek dengan harga Rp.15.000/Orang.
Untuk Estimasi dari Basecamp menuju Pos satu adalah 30 menit perjalanan.

Pos 1-Pos 2

Perjalanan menuju Pos 2 Anda akan kembali melewati Track tangga. Track tangga menuju Pos 2 yaitu berupa susunan tangga dari bebatuan.
Tips saat melewati track tangga adalah Anda hanya perlu berjalan dengan langkah yang perlahan saja tidak perlu tergesa-gesa, Sebab track yang berupa tangga akan lebih cepat terasa lelah di bandingkan dengan track tanah. 

Di sepanjang jalan menuju Pos 2, Anda akan menjumpai warung-warung yang menjual berbagai macam makanan, minuman serta buah. Tepat sekali dijadikan sebagai tempat untuk Istirahat untuk menghilangkan rasa lelah. Estimasi perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 adalah 25 menit. 

Pos 2-Pos 3

Track menuju Pos 3 vegetasinya sudah mulai rapat. 
Sepanjang perjalanan banyak di tumbuhi Pepohonan cemara yang tumbuh tinggi menjulang. Membuat perjalanan Anda terasa sejuk dan nyaman karena terlindung dari paparan panas sinar matahari. 
Track yang di lalui juga berupa tanah padat dengan akar-akar yang menonjol dari bawah tanah. 

Apabila Anda ingin istirahat di sepanjang Track juga di sediakan bangku-bangku dari kayu sebagai tempat duduk. 
Selain itu juga terdapat mata air bersih yang bermanfaat untuk keperluan Anda di atas Puncak. 
Estimasi perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3 adalah 60 menit. 

Pos 3-Pos 4 

Di lanjutkan perjalanan menuju Pos 4 Track yang di lalui hampir sama dengan track dari Pos 1 menuju Pos 2 yaitu berupa susunan tangga dari bebatuan. 
Vegetasi menuju Pos 4 sudah mulai terbuka sudah jarang di tumbuhi oleh Pepohonan. 
Pemandangan yang di suguhkan juga semakin Indah cocok di abadikan menggunakan Kamera. 
Estimasi Perjalanan dari Pos 3 menuju Pos 4 adalah 30 menit. 

Pos 4-Camp Area 2.565 mdpl

Sesampainya di Pos 4 ini merupakan Zona signal terakhir. 
Untuk selanjutnya Anda akan sudah mulai susah untuk menemukan signal ketika sudah berada di Camp Area. 
Sepanjang Track menuju tempat camp, banyak di tumbuhi oleh hamparan bunga-bunga Daisy yang tumbuh Cantik. 
Orang-orang di sini banyak yang menyebutnya sebagai Bunga Lonte sore. 

Sesampainya di Area Camp, Anda tidak akan susah menemukan tempat untuk mendirikan Tenda. Luasnya Gunung Prau bisa menampung hingga ribuan Tenda para Pendaki. Pemandangan dari Camp area juga semakin cantik, di tambah dengan Pemandangan Gunung Sindoro Sumbing yang terlihat dengan jelas membuat Anda betah berlama-lama berada di Gunung Prau.


Private Trip Gunung Prau, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi dan memenuhi segala kebutuhan Pendakian Anda

Keindahan lain yang di miliki Gunung Prau antara lain yaitu terkenal memiliki Pemandangan Sunrise terbaik se-Asia Tenggara. 
Di pagi hari banyak pendaki yang keluar untuk menyaksikan matahari terbit atau Sunrise yang terlihat dengan jelas dan cantik dari puncak Gunung Prau. Untuk menyaksikan Sunrise di Gunung Prau tidak perlu berjalan terlalu lama. Sunrise bisa langsung terlihat dari depan Tenda Anda. 

Keindahan semakin lengkap dengan adanya pemandangan Gunung-gunung yang lain seperti Gunung Lawu, Gunung Andong, Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan yang paling populer adalah pemandangan Gunung Sindoro Sumbing yang berdiri dengan gagah dan terlihat dengan jelas. 

Setelah menikmati Sunrise Anda bisa melanjutkan untuk Explore pemandangan sabana yang ada di Gunung Prau. 
Di sabana Gunung Prau terdapat banyak bukit-bukit kecil yang biasa di sebut Orang-orang sebagai bukit Teletubbies. Di tambah lagi dengan hamparan tumbuhan Bunga Daisy yang berwarna warni yang tumbuh dengan subur.


Private Trip Gunung Prau, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi dan memenuhi segala kebutuhan Pendakian Anda

Private Trip Gunung Prau, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi dan memenuhi segala kebutuhan Pendakian Anda

Private Trip Gunung Prau, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi dan memenuhi segala kebutuhan Pendakian Anda

Manfaat Melakukan Hiking

1. Bermanfaat untuk Kesehatan

Hiking merupakan sebuah Aktivitas olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. 
Hiking merupakan Aktivitas berjalan jauh dengan menahan beban. Sehingga sangat bermanfaat bagi kepadatan tulang. 
Selain bermanfaat sebagai kesehatan tulang Hiking juga bermanfaat untuk kesehatan Otot. 

Selain itu Hiking juga bermanfaat untuk kesehatan Paru-paru. Banyaknya pepohonan yang tumbuh di alam akan menghasilkan Oksigen yang bermanfaat untuk Paru-paru apabila Anda menghirupnya. 

2. Pikiran menjadi Fresh

Sering kali banyaknya Aktivitas atau pekerjaan akan membuat beban pikiran menjadi bertambah. Apabila tidak cepat mengambil tindakan maka berisiko terkena stres. Liburan merupakan salah satu solusi yang tepat untuk menghindari stres. Salah satu pilihan liburan yang tepat adalah melakukan aktivitas mendaki gunung atau yang biasa di sebut sebagai Hiking. 

Gunung Prau merupakan gunung yang memiliki pemandangan yang sangat Indah. 
Keindahan yang dimiliki Gunung Prau membuat Orang-orang betah untuk berlama-lama di sana. Hamparan sabana yang hijau dan luas membuat siapapun terpukau saat melihatnya. 

Melihat pemandangan yang Indah tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan Otak. Pikiran akan menjadi Fresh ketika melihat pemandangan yang Indah. 

3. Menurunkan Berat Badan

Saat melakukan Hiking Anda bisa berjalan kaki selama 3-8 jam. 
Track saat hiking juga berbagai macam mulai dari tanjakan, turunan dan juga track yang terjal. Lamanya perjalanan tentu Anda akan mengeluarkan kalori yang cukup banyak. 
Melakukan Hiking bisa menjadi pilihan apabila Anda sedang melakukan Program diet atau menurunkan berat badan. Selain menurunkan berat badan manfaat lain dari Hiking adalah tubuh menjadi lebih bugar.

Private Trip Gunung Prau, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi dan memenuhi segala kebutuhan Pendakian Anda

Info lebih lanjut Silahkan Klik Tombol di bawah