Gunung Bismo via Sikunang, Wonosobo, Jawa Tengah

Gunung Bismo via Sikunang

Private Trip Gunung Bismo, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi, Rental Outdoor dan menyediakan segala kebutuhan pendakian Anda

Gunung Bismo via Sikunang merupakan salah satu gunung yang berada di kawasan Dataran tinggi Dieng. 
Tepatnya berada di desa Sikunang, kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, provinsi Jawa Tengah. Gunung Bismo bisa menjadi pilihan alternatif liburan bagi Anda yang menyukai aktivitas menikmati alam. Jalurnya yang landai dan mudah dilalui dan jarak tempuhnya yang tidak jauh membuat Gunung Bismo ramah didaki untuk semua kalangan. 

Gunung Bismo belum sepopuler gunung-gunung yang lain yang ada di kabupaten Wonosobo. 
Sehingga membuat Gunung ini belum banyak di kunjungi oleh banyak Orang. Keindahan di Gunung Bismo juga masih sangat asri dengan view 360° yang terkenal. Puncak gunung-gunung yang lain juga bisa terlihat seperti Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Kembang dan Gunung Slamet. 

Informasi Basecamp

Basecamp Gunung Bismo terletak di desa Sikunang, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. 
Lokasinya yang tepat berada di pinggir jalan raya membuat Basecamp Gunung Bismo mudah di jangkau menggunakan kendaraan roda 2 maupun roda 4. 
Fasilitas di Basecamp juga cukup lengkap seperti tempat parkir yang aman dan luas, tempat istirahat, toilet dan juga tempat untuk sholat. 

Sebelum melakukan pendakian pendaki di wajibkan untuk membayar Registrasi terlebih dahulu sebesar Rp.30.000.
Dengan membayar registrasi maka pendakian Anda sudah tercover oleh asuransi. Fasilitas lain yang ada di Basecamp yaitu tersedia jasa ojek. Dengan menggunakan jasa ojek Anda bisa mempersingkat waktu dan juga menghemat tenaga. Ojek juga akan langsung mengantarkan Anda menuju Pos 2 sehingga Anda hanya tinggal perlu berjalan sedikit menuju ke tempat Camp.


Private Trip Gunung Bismo, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi, Rental Outdoor dan menyediakan segala kebutuhan pendakian Anda

Informasi Jalur

1. Basecamp - Pos 1

Perjalanan awal menuju Pos 1 Anda akan melewati rumah-rumah warga yang berkelok-kelok. 
Namun tidak perlu bingung Anda hanya tinggal mengikuti penunjuk arah yang sudah di sediakan. Setelah melewati pemukiman warga, Anda akan mulai masuk hamparan ladang pertanian warga yang luas. Sepanjang mata memandang Anda akan menjumpai berbagai macam tanaman sayuran yang tumbuh subur. Track menuju Pos 1 juga masih banyak yang landai sehingga tidak begitu menguras tenaga. Estimasi waktu dari Basecamp menuju Pos 1 adalah 20 menit. 

2. Pos 1 - Pos 2

Sesampainya di Pos 2 Anda masih akan disuguhkan pemandangan ladang pertanian warga dan juga perbukitan. 
Sesekali Anda akan menjumpai aktivitas para warga yang setiap hari berprofesi sebagai petani. Seperti mencangkul, menyiram dan juga memanen sayuran. Kondisi track menuju Pos 2 juga masih landai yaitu berupa jalanan tanah yang padat. Estimasi waktu perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 adalah 15 menit. 

3. Pos 2 - Pos 3

Setelah berjalan beberapa menit Anda akan menjumpai sebuah gerbang rimba yang menandakan bahwa Anda telah sampai di Pos 2 Gunung Bismo. Tracknya sudah mulai sedikit menanjak namun masih mudah dilalui. Di pertengahan Pos 3 terdapat sebuah warung yang menjual berbagai macam makanan dan juga minuman. Warung tersebut merupakan warung satu-satunya yang ada di Gunung Bismo. Cocok di jadikan tempat istirahat untuk melepas lelah. Tidak jauh dari warung Anda akan sampai berada di Pos 3. Estimasi waktu perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3 adalah 10 menit.

4. Pos 3 - Area Camp

Melanjutkan perjalanan menuju ke tempat camp pemandangan yang disuguhkan juga semakin indah. Hamparan rumput ilalang yang tumbuh menghiasi di kanan kiri jalan membuat perjalanan semakin terasa nyaman. Track menuju ke tempat camp yaitu berupa jalan tanah yang tidak begitu luas dan di kiri kananya berupa jurang. Sehingga Anda perlu berhati-hati pada saat melangkah. Anda juga akan menjumpai puncak Gunung Bismo yang pertama yaitu puncak Tugel yang memiliki ketinggian 2.332 MDPL dan puncak yang kedua yaitu bernama puncak Nemu-nemu yang memiliki ketinggian 2.348 MDPL. Setelah melewati kedua puncak tersebut sampailah Anda di area camp Gunung Bismo. Kapasitas lahan untuk mendirikan tenda di Gunung Bismo tidak begitu luas dan hanya bisa menampung beberapa tenda saja. Untuk mencegah resiko tidak mendapatkan tempat ketika mendirikan tenda maka Anda bisa mulai Pendakian lebih awal sehingga sesampainya di area camp belum banyak tenda yang berdiri. Estimasi waktu perjalanan dari Pos 3 menuju tempat camp adalah 20 menit. 

5. Camp Area - Puncak Indraprasta

Untuk mencapai puncak Gunung Bismo Anda harus summit terlebih dahulu. 
Perjalanan summit di Gunung Bismo tentu berbeda dengan perjalanan summit di gunung lain yang biasanya bisa sampai berjam-jam. Untuk mencapai puncak Gunung Bismo Anda hanya membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 10 menit saja. 
Sesampainya di puncak Indraprasta yang memiliki ketinggian 2.365 MDPL pemandangan yang ditawarkan juga sangat indah. Hamparan Pegunungan dan juga perbukitan bisa terlihat jelas dari atas ketinggian. Anda juga bisa menerbangkan kamera Drone untuk hasil gambar yang lebih maksimal. 

Meskipun Gunung Bismo memiliki ketinggian yang tidak terlalu tinggi namun persiapan yang harus siapkan ketika akan melakukan pendakian tentu cukup banyak. Ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan mulai dari perlengkapan camp hingga logistik.  
Namun di jaman sekarang Anda tidak perlu ribet mempersiapkan itu semua karena kini Kami telah menyediakan Paket Pendakian Gunung Bismo yang akan lebih memudahkan pendakian Anda. Mulai dari perlengkapan camp dan juga logistik sudah tersedia dalam paket pendakian Kami. Selain itu pelayanan yang Kami berikan juga Profesional yang akan membuat pendakian Anda semakin terasa aman dan nyaman. 

Info lebih lanjut Silahkan Klik Tombol di Bawah