Gunung Sumbing via Garung, Wonosobo dan Estimasi Perjalanan

Gunung Sumbing via Garung

Private Trip Gunung Sumbing, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi, Rental Outdoor dan menyediakan segala kebutuhan Pendakian Anda

Gunung Sumbing via Garung menjadi salah satu pilihan jalur pendakian yang paling ramai dikunjungi para Pendaki. Basecampnya yang strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan membuat jalur ini bisa menjadi pilihan untuk Anda. Selain itu jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung juga populer dengan puncaknya yang dinamakan Puncak Sejati dan Rajawali.

Gunung Sumbing via Garung juga terkenal dengan ojeknya yang cukup unik. Dimana posisi penumpangnya duduk berada di depan sopir. Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan, namun kondisi track yang akan dilalui ojek cukup terjal sehingga demi keselamatan maka posisi penumpangnya diharuskan duduk didepan sopir. Ojek akan langsung mengantarkan Anda menuju ke Pos 1 Gunung Sumbing sehingga sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dan juga tenaga. 

Informasi Basecamp


Private Trip Gunung Sumbing, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi, Rental Outdoor dan menyediakan segala kebutuhan Pendakian Anda

Lokasi Basecamp Gunung Sumbing via Garung juga sangat strategis dan mudah sekali dijangkau menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Tepatnya berada di Desa Butuh Lor, Garung, Kalikajar, kabupaten Wonosobo. Basecamp ini menjadi salah satu Basecamp favorit dan paling ramai dikunjungi. 

Sebelum memulai pendakian Anda harus membayar registrasi terlebih dahulu sebesar Rp.30.000 dengan membayar registrasi maka pendakian Anda sudah tercover oleh Asuransi. Fasilitas di Basecamp juga cukup lengkap seperti Tempat istirahat, Tempat parkir yang luas, Toilet, Mushola dan warung-warung menjual makanan.

Informasi Jalur dan Estimasi Perjalanan

1. Basecamp - Pos 1

Perjalanan awal menuju Pos 1 adalah Anda akan melewati pemukiman warga Desa. Sesekali Anda juga akan menjumpai aktivitas warga sehari-hari yang sebagian besar berprofesi sebagai Petani tembakau. Setelah melewati pemukiman warga Anda akan mulai melewati track pendakian berupa bebatuan. Sepanjang jalan menuju Pos 1 pemandangan yang disuguhkan yaitu berupa ladang pertanian yang luas. Untuk sampai di Pos 1 Anda bisa menggunakan jasa ojek yang telah tersedia di Basecamp Gunung Sumbing via Garung dengan tarif Rp.30.000. Estimasi perjalanan dari Basecamp menuju Pos 1 adalah 60 menit dan apabila menggunakan Ojek hanya 15 menit perjalanan. 

2. Pos 1 - Pos 2

Melanjutkan perjalanan menuju Pos 2 vegetasinya sudah mulai tertutup. Sepanjang perjalanan Anda akan banyak menjumpai pepohonan cemara yang bermanfaat sebagai pelindung dari panas sinar matahari. Kondisi track menuju Pos 2 berupa jalan tanah padat dan cukup landai sehingga tidak begitu menguras tenaga Anda. Estimasi perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 adalah 60 menit. 

3. Pos 2 - Pos 3 (Area camp) 

Sesampainya di Pos 2 Anda akan mulai menjumpai track tanjakan namun di kanan dan kirinya masih banyak ditumbuhi oleh pepohonan. Pemandangan yang di suguhkan juga Semakin indah. Hamparan perbukitan yang hijau membuat perjalanan Anda terasa menyenangkan. Tumbuhan Lamtoro (Petai cina) juga sesekali akan Anda jumpai di track menuju Pos 3. Sesampainya di Pos 3 Anda bisa mendirikan Tenda sebagai tempat istirahat dan melanjutkan summit besok pagi. Pos 3 merupakan tempat yang paling cocok untuk mendirikan tenda. Terdapat sebuah warung yang menjual makanan dan air. Estimasi perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3 adalah 60 menit perjalanan. 

4. Pos 3 - Pos 4

Keesokan paginya setelah Anda bermalam di Pos 3 Anda akan melakukan summit menuju ke Puncak. Sebelum puncak Anda akan melewati Pos 4 terlebih dahulu. Pos 4 bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Namun kebanyakan pendakian lebih memilih untuk mendirikan tenda di Pos 3. Kondisinya Track menuju Pos 4 berupa track tanah yang cukup menanjak. Vegetasinya sudah mulai terbuka dan sudah jarang ditumbuhi pepohonan. Estimasi dari Pos 3 menuju 4 adalah 60 menit perjalanan. 

5. Pos 4 - Puncak Sejati

Melanjutkan perjalanan menuju Puncak, kondisi track yang disuguhkan juga semakin terjal. Yaitu berupa jalanan tanah dan sedikit bebatuan. Vegetasinya juga sudah mulai terbuka, sudah tidak banyak ditumbuhi pepohonan sehingga cukup panas jika dilewati pada siang hari. 
Pemandangan menuju Puncak juga semakin indah, Gagahnya Gunung Sindoro juga bisa terlihat jelas dari track menuju Puncak. Dan bila beruntung Anda juga bisa menyaksikan lautan awan yang menakjubkan. Estimasi dari Pos 4 menuju Puncak Sejati adalah 2 Jam perjalanan. 

6. Puncak Sejati - Puncak Rajawali

Gunung Sumbing via Garung terkenal dengan Puncaknya yaitu Puncak Rajawali. Ketinggian dari Puncak Rajawali adalah 3.371 mdpl. Sesampainya di Puncak Rajawali Anda bisa menyaksikan hamparan lautan awan yang menakjubkan. Pemandangan Gunung lain juga bisa terlihat seperti Gunung Prau, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, Gunung Merbabu dan Gunung Lawu. 


Private Trip Gunung Sumbing, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi, Rental Outdoor dan menyediakan segala kebutuhan Pendakian Anda

Menikmati keindahan Gunung Sumbing tentu akan semakin lengkap dengan menggunakan layanan jasa Paket Pendakian Gunung Sumbing. Paket pendakian yang Kami sediakan tentu memiliki Fasiltas yang nyaman dan juga lengkap. Seperti perlengkapan camp, logistik dan juga air semua itu sudah tersedia dalam paket Kami. Selain itu Kami juga menyediakan Paket Gunung lain yang ada di Jawa Tengah seperti Paket Pendakian Gunung Prau dan Paket Pendakian Gunung Sindoro. 


Private Trip Gunung Sumbing, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi, Rental Outdoor dan menyediakan segala kebutuhan Pendakian Anda

Private Trip Gunung Sumbing, Open Trip, Guide Gunung, Porter Gunung, Transportasi, Rental Outdoor dan menyediakan segala kebutuhan Pendakian Anda

Kami juga menyediakan:


Info lebih lanjut Silahkan Klik Tombol di Bawah