Gunung Prau via Kalilembu - Informasi Jalur Pendakian

Gunung Prau via Kalilembu

Gunung Prau Via Kalilembu

Gunung Prau via Kalilembu merupakan salah satu jalur pendakian yang belum begitu ramai dibandingkan dengan jalur pendakian Gunung Prau yang lain. Jalur ini masih asri karena belum banyak dilalui oleh pendaki. Hutanya masih sangat rimbun, di kanan dan kirinya masih banyak di tumbuhi oleh pepohonan yang besar. Tracknya yang landai dengan waktu tempuh yang tidak lama yaitu hanya  membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam pendakian Anda sudah bisa sampai di puncak Gunung Prau. Sehingga jalur ini bisa menjadi alternatif pilihan jalur pendakian apabila Anda ingin pergi mendaki ke Gunung Prau. 

Informasi Basecamp

Gunung Prau Via Kalilembu

Basecamp Gunung Prau via Kalilembu berada di desa Kalilembu, kecamatan Kejajar, kabupaten Wonosobo. Lokasinya tidak jauh dari jalan raya hanya perlu berjalan kurang lebih 10 menit Anda sudah bisa sampai di Basecampnya. Pemandangan dari Basecampnya juga sudah sangat indah, hamparan ladang kentang yang hijau sangat menyejukkan mata. Fasilitas di Basecampnya juga cukup lengkap, seperti tempat istirahat, mushola, toilet, dan warung yang menjual berbagai macam logistik untuk pendakian. 

Informasi Jalur Pendakian

1. Basecamp Pos 1

Perjalanan awal menuju Pos 1 Anda akan melalui pemukiman warga. Kondisi jalanya juga sudah cukup baik yaitu berupa jalanan aspal. Setelah melewati pemukiman warga Anda akan mulai memasuki area ladang pertanian. Kondisi tracknya juga sudah mulai berupa jalanan tanah yang padat. Sesekali Anda juga akan menjumpai aktivitas warga yang sehari-hari berprofesi sebagai petani kentang. Setelah melalui ladang pertanian, Anda akan menjumpai sebuah gerbang pintu rimba. Hal itu menandakan bahwa Anda akan mulai memasuki kawasan hutan Gunung Prau. Estimasi waktu perjalanan dari Basecamp menuju Pos 1 adalah 60 menit. 

2. Pos 1 - Pos 2

Melanjutkan perjalanan menuju Pos 2 Anda sudah mulai masuk di kawasan hutan. Sepanjang perjalanan banyak di tumbuhi oleh pepohonan besar dan rimbun, cocok sekali apabila dilalui ketika siang hari karena karena akan terlindungi dari sengatan panas sinar matahari. Kondisi track menuju Pos 2 masih cukup landai sehingga belum begitu menguras tenaga Anda. Suara kicauan berbagai macam burung juga akan sering terdengar, yang akan membuat pendakian terasa semakin menyenangkan. Estimasi waktu perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 adalah 45 menit. 

3. Pos 2 - Pos 3

Perjalanan menuju Pos 3 kondisi track sudah mulai terjal dan menanjak namun masih aman apabila dilalui oleh pemula. Sepanjang perjalanan masih banyak di tumbuhi oleh pepohonan yang rimbun. Track menuju Pos 3 bisa menjadi spot foto maupun video yang menarik. Setelah beberapa menit berjalan Anda akan menjumpai track tangga yang menandakan Anda sudah hampir sampai di Pos 3 Gunung Prau. Estimasi waktu perjalanan dari Pos 2 Menuju Pos 3 adalah 60 menit. 

4. Pos 3 - Puncak Tertinggi Gunung Prau 2.590 MDPL

Sesampainya di Pos 3 vegetasinya sudah mulai terbuka. Sudah jarang di tumbuhi pepohonan sehingga Anda bisa menyaksikan pemandangan Dataran tinggi Dieng dari atas ketinggian. Anda juga akan melewati punggungan yang di kanan kirinya adalah sebuah jurang sehingga perlu berhati-hari pada saat melangkah. Sesampainya di puncak tertinggi Gunung Prau, Anda bisa berhenti sebentar untuk mengambil gambar maupun video karena di sana terdapat sebuah plang yang berguna sebagai properti foto untuk para pendaki. Namun perlu Anda ketahui di puncak Gunung Prau Anda di larang untuk mendirikan tenda. Di karenakan area ini rawan terkena ancaman terjangan dari angin kencang. Estimasi waktu perjalanan dari Pos 3 menuju Puncak adalah 30 menit. 

5. Puncak Gunung Prau - Sunrise Camp

Melanjutkan perjalanan menuju sunrise camp Anda akan melewati sabana Gunung Prau yang luas. Sepanjang perjalanan banyak di tumbuhi oleh bunga-bunga daisy yang cantik. Bunga daisy merupakan bunga yang cukup populer di Gunung Prau. Bunganya yang kecil dan berwarna-warni sangat cocok di jadikan tempat foto yang estetik. Kondisi track menuju sunrise camp juga sudah sangat landai, Anda sudah tidak akan menjumpai tanjakan. Sesampainya di sunrise camp, ini merupakan spot yang paling rekomend untuk di jadikan tempat mendirikan tenda. Pemandangan dari sunrise camp juga sangat indah, beberapa puncak Gunung yang lain juga bisa terlihat seperti Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Lawu, dan Merapi. Di pagi harinya juga Anda sudah tidak perlu lagi berjalan jauh untuk menyaksikan matahari terbit karena sunrise bisa langsung terlihat dari depan tenda Anda. Sunrise di Gunung Prau di sebut-sebut sebagai sunrise terbaik se Asia Tenggara. Estimasi waktu perjalanan dari Puncak menuju Sunrise camp adalah 30 menit. 

Gunung Prau Via Kalilembu

Gunung Prau Via Kalilembu

Mendaki Gunung Prau kini akan semakin mudah dengan menggunakan layanan jasa Paket Pendakian Gunung Prau. Semua kebutuhan pendakian sudah tersedia dalam Paket pendakian, mulai dari perlengkapan camp, logistik dan juga air semua itu sudah tersedia dalam Paket pendakian Gunung Prau Kami. Dengan menggunakan layanan jasa paket pendakian maka akan menjadikan pendakian Anda terasa lebih nyaman dan menyenangkan. 

Baca Juga


Info lebih lanjut Silahkan Klik Tombol di Bawah